JASA BOGA

A.      MOTTO

Hari esok harus lebih baik dari pada hari ini

B.       VISI

Terwujudnya SMK Negeri 1 Boyolali sebagai lembaga Pendidikan Vokasional yang menghasilkan tamatan yang produktif, mandiri, kompetitif, berakhlak mulia dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di Era Global.

Indikator Visi SMK Negeri 1 Boyolali :

1

Produktif

:

Menghasilkan tenaga kerja yang kompeten sesuai     dengan bidang keahliannya masing-masing dan mampu mengaktualisasikan kompetensinya di dunia kerja maupun di masyarakat.

2

Mandiri

:

Menghasilkan tenaga kerja yang tidak hanya mengandalkan lapangan pekerjaan dari pihak lain tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain

3

Kompetitif

:

Menghasilkan tenaga kerja yang mampu bersaing di dunia kerjadan berani serta mampu menjadi seorang wirausaha

4

Berakhlak Mulia

:

Menghasilkan tenaga kerja yang beriman dan bertakwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa, jujur, sopan, bertanggungjawab, dan dapat dipercaya sebagai landasan untuk mengaktualisasikan dalam dunia kerja dan bermasyarakat

 

 

C.      MISI

1.    Melaksanakan sistem pemelajaran berbasis kompetensi dan berbasis produksi.

2.    Menghasilkan tamatan yang bertaqwa dan berakhlak mulia, terampil, dan mandiri.

3.    Membangun sikap adaptif dan inovatif serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap hasil yang dicapai.

4.    Menyiapkan tamatan yang kompeten dibidangnya dan mampu bersaing di lapangan kerja.

5.    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

6.    Membangun jiwa wirausaha yang handal.

7.    Mengoptimalkan peran serta masyarakat dari Unit Produksi (UP) dalam pengembangan sekolah.

8.    Menanamkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup dalam upaya pelestarian lingkungan, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup

.

D.      GAMBARAN UMUM

Jasa Boga merupakan salah satu paket keahlian termuda yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 Boyolali. Jasa Boga merupakan suatu paket keahlian yang mempelajari dalam hal pengetahuan di bidang boga atau seni mengolah masakan yang mencakup ruang lingkup makanan, mulai dari persiapan  pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan yang bersifat tradisional maupun Internasional.

Paket Keahlian Jasa Boga mempunyai tujuan menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam bidang Jasa Boga, memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional, produktif,  ramah lingkungan, kreatif, dan inovatif dalam lingkup keahlian Jata Boga. Selain itu lulusan Jasa Boga juga dituntut untuk mampu berkarier, berkompetisi, dan mengembangkan diri dalam lingkup bisnis Jata Boga pada saat ini maupun masa yang akan datang.

Oleh karena itu, Paket Keahlian Jasa Boga membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten mengenal jejaring sosial pendidikan dan materi digital; menerapkan sanitasi dan hygiene; menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja; mengenal, mengolah, dan mengevaluasi mutu bahan-bahan makanan, bumbu dan rempah; mengenal bahan makanan tambahan dan bahan minuman; mengenal zat gizi sumber zat energi, zat pembangun, mineral, dan vitamin yang diperlukan tubuh; mengenal daftar komposisi bahan makanan, daftar bahan makanan penukar, dan angka kecukupan gizi; menyusun dan mengevaluasi menu untuk bayi dan balita, remaja, dewasa, manula, wanita hamil dan menyusui secara seimbang; mengenal dan bisa mengoperasikan alat-alat dapur; mengenal dan bisa menyusun alat makan, minum, dan alat hidang; membuat dan menyajikan produk makanan; mengolah dan menyajikan aneka hidangan penutup (dessert); mengolah dan menyajikan aneka minuman nonalkohol; merencanakan dan mengolah coffee shop; membuat atau mengemas hasil produk; menghitung biaya produksi, harga jual, dan titik impas makanan. merencanakan usaha produk; menentukan usaha Jasa Boga yang dapat dikembangkan di lingkungan sekolah dan rumah sesuai kebutuhan. menyusun administrasi pembelian, penerimaan, dan penyimpanan bahan makanan.

Pekerjaan yang banyak membutuhkan keahlian di bidang Jasa Boga antara lain  jasa catering, hatel dan restoran, pengolahan makanan (baik daerah, nasional, continental, maupun oriental), di rumah sakit sebagai penatalaksana diet/gizi, sebagai chef, maupun pengusaha restoran.