Tim kreatif Jasa Boga SMK Negeri 1 Boyolali melirik peluang emas yang belumdikembangkan secara maksimal di Kabupaten Boyolali yaitu makanan berbahan baku singkong dan pepaya.

Singkongmelimpah di KabupatenBoyolalitetapibelumdiolahdandimanfaatkansecaramaksimal. Singkong segarmudahmengalamipenurunankualitas (rusak) apabilatidaksegeradijualdandiolahsetelahpemanenan. Salah satu cara untuk menghindari kerusakan yaitu dibuat gaplek atau tepung gaplek.Tepung gaplek juga belum dimanfaatkan secara maksimal menjadi makanan yang awet.

Selain singkong, buah pepaya juga melimpah dan belum dimanfaatkan secara maksimal di daerah Boyolali. Walaupun sudah ada olahan makanan berbahan baku buah pepaya yaitu dodol pepaya maupun keripik pepaya tetapi tidak sebanding dengan hasil panen petani yang melimpah. Oleh karena itu, Tim Kreatif Jasa Boga SMK Negeri 1 Boyolali berusaha untuk mengembangkan dengan cara memadukan kedua bahan baku tersebut menjadi olahan makanan camilan cheese stick yang enak dan sehat. Cheese Stick ini rendah kalori, berserat tinggi, tanpa gula dan mempunyai rasa manis yang berasal dari buah pepaya sehingga aman untuk penderita diabetes. Berdasarkanhal tersebut, Tim Kreatif Jasa Bogamencobamengembangkanproduk berbahan baku tepung gaplek dan buah pepaya yaitumembuat makanan Camilan Cheese Stick yang menyehatkanberbahan baku tepung gaplek dan pepaya.

Ditinjau dari segi kesehatan, Cheese Stick Gaplek Pepaya termasuk makanan yang dapat direkomendasikan sebagai camilan. Cheese Stick Gaplek Pepaya terdapat kandungan gula alami, tidak menyerap minyak, tepung gaplek lebih dominan sehingga berserat tinggi, dan tanpa bahan pengawet.

Berdasarkan hasil uji laboratorium diperoleh data bahwa kadar karbohidrat dalam Cheese Stick Gaplek Pepaya 45,19% ; kadar lemak 36,21%; kadar protein 3,99% ; kadar gula 1,59% ; kadar air 3,30 %.  Hal ini menunjukan bahwa kandungan Gizi dalam Cheese Stick Gaplek Pepaya banyak dan menyehatkan terutama bagi penderita diabetes dan program diet.

Ditinjaudariaspekekonomi, produksiCheese Stick Gaplek Pepayacukupmenguntungkandanberpeluanguntukmembukalapangankerjabaru.

Ditinjau ketersedian bahan, bahan baku Cheese Stick Gaplek Pepayamudah didapatkan. Tanaman singkong dan pepaya tidak mengenal musim sehingga selalu ada sepanjang waktu. Bahan gaplek pun bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Ditinjau efisiensi pembuatan, sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama, tidak membutuhkan keterampilan khusus, dan sedikit risiko/gagal membuat adonan olahan. Baik dikembangkan untuk berwirausaha atau sekadar untuk camilan sendiri.

Cheese Stick Gaplek Pepaya, camilan sehat hasil pemikiran Tim Kreatif Jasa Boga SMK Negeri 1 Boyolali semoga bermanfaat untuk semua orang dan menjadi inspirasi peluang bisnis.